KISI-KISI UN BAHASA INDONESIA 2015
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
memahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks nonsastra, tajuk
rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai
bentuk dan jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama,
puisi baru hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, novel, dan drama.
|
Menentukan
unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
|
Menentukan isi
paragraf: fakta, opini, pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan
penulis, arti kata/istilah, isi biografi.
|
||
Menentukan
opini penulis dan pihak yang dituju
dalam
tajuk rencana/editorial.
|
||
Menentukan
isi dan simpulan grafik, diagram atau
tabel.
|
||
Menentukan
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
sastra
Melayu klasik/hikayat.
|
||
Menentukan
unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik
novel/cerpen/drama.
|
||
Menentukan
unsur-unsur intrinsik puisi.
|
||
Menentukan
isi puisi lama, pantun, gurindam.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam
berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya
ilmiah dengan
mempertimbangkan
kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat,
penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran
dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan
resensi.
|
Menulis
paragraf padu.
|
Melengkapi
berbagai bentuk dan jenis paragraf
dengan
kalimat yang padu.
|
||
Melengkapi
teks pidato.
|
||
Melengkapi
paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang,
ungkapan, peribahasa.
|
||
Menyunting
penggunaan kalimat/frasa/ kata
penghubung/istilah
dalam paragraf.
|
||
Menulis
surat resmi.
|
||
Menyunting
kalimat dalam surat resmi.
|
||
Menulis
judul sesuai EYD.
|
||
Menulis karya
ilmiah (latar belakang dan rumusan
masalah).
|
||
Melengkapi
larik puisi lama/baru (dengan kata kias/berlambang/berima/bermajas).
|
||
Melengkapi
dialog drama.
|
||
Menentukan
kalimat resensi.
|
||
Menentukan
kalimat kritik.
|
||
Menentukan
kalimat esai.
|
KISI-KISI UN BAHASA INGGRIS 2015
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
LISTENING (Mendengarkan)
Memahami
makna dalam wacana
lisan interpersonal
dan transaksional
secara formal
maupun informal dalam
konteks
kehidupan sehari-hari,
terutama
dalam bentuk teks
fungsional
pendek, recount, news
item, report,
narrative, descriptive
dan
review.
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ rinci dari sebuah percakapan
interpersonal/transaksional secara formal atau informal.
|
Menentukan
respon yang tepat terhadap percakapan transaksional/interpersonal secara
formal atau informal.
|
||
Menentukan
gambar yang tepat sesuai dengan
informasi
yang ada di dalam percakapan
interpersonal/transaksional
secara formal atau
informal.
|
||
Menentukan
gambar yang sesuai dengan teks
monolog
yang diperdengarkan.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/tersirat/rinci dari sebuah teks monolog
yangdiperdengarkan.
|
||
2.
|
READING (Membaca)
Memahami
makna dalam wacana
tertulis secara formal
maupun
informal
dalam konteks kehidupan
sehari-hari,
dalam bentuk teks
fungsional
pendek, recount, news
item, report,
analytical exposition,
hortatory
exposition, explanation,
discussion
dan
review.
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi
rinci/tersirat/tertentu
atau makna kata/frasa/kalimat atau pikiran utama paragraph/ rujukan kata atau
tujuan komunikatif dari teks fungsional pendek berbentuk letter/e-mail.
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/Rinci/tersirat atau rujukan kata atau
makna kata/frasa dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi
tertentu/rinci/tersirat
atau makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf/rujukan
kata dari teks tertulis berbentuk news item.
|
||
Menentukan
informasi tertentu/rinci/tersirat atau
makna
kata/frasa/kalimat atau gambaran
umum/tujuan
komunikatif/pikiran utama paragraf/ rujukan kata dari teks tertulis berbentuk
recount.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/ tersirat/rinci atau tujuan komunikatif
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari
teks tertulis berbentuk explanation.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/tersirat/rinci atau pikiran utama
paragraf atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/tujuan komunikatif
dari teks tertulis berbentuk exposition.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
|
Menentukan
gambaran umum atau informasi tertentu/tersirat/rinci atau tujuan komunikatif
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata/ pikiran utama paragraf dari
teks tertulis berbentuk review.
|
Menentukan
gambaran umum atau pikiran utama
paragraf atau
informasi tersirat/tertentu/rinci atau
tujuan
komunikatif atau makna kata/frasa/kalimat
atau rujukan
kata dari teks tertulis berbentuk
discussion.
|
||
Menentukan
gambaran umum/tujuan komunikatif/pikiran utama paragraf atau informasi
tersirat/rinci/tertentu
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks tertulis berbentuk report.
|
||
Menentukan
gambaran umum atau informasi
tertentu/rinci/tersirat
atau makna kata/frasa/kalimat atau rujukan kata dari teks fungsional pendek berbentuk
announcement /message
|
||
3.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan
makna secara
tertulis secara formal
maupun
informal
dalam konteks kehidupan
sehari-hari,
dalam bentuk teks
fungsional
pendek atau esai
berbentuk recount,
narrative,
procedure,
descriptive dan report.
|
Menyusun
beberapa kalimat secara acak menjadi
sebuah teks
berbentuk recount / procedure / narrative/ descriptive dan report.
|
Melengkapi 3
rumpang pada teks pendek berbentuk recount/ procedure/ narrative/ descriptive/
report dengan kosa kata/frasa yang sesuai.
|
KISI-KISI UN MATEMATIKA 2015
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan
logika matematika
dalam
pemecahan masalah
|
Menentukan
penarikan kesimpulan dari beberapa
premis.
|
Menentukan
ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
||
2.
|
Menyelesaikan
masalah yang
berkaitan
dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar
sederhana,
fungsi kuadrat, fungsi
eksponen dan
grafiknya, fungsi
komposisi dan
fungsi invers, sistem
persamaan
linear, persamaan dan
pertidaksamaan
kuadrat, persamaan
lingkaran dan
garis singgungnya,
suku banyak,
algoritma sisa dan
teorema
pembagian, program linear,
matriks dan
determinan, vektor,
transformasi
geometri dan
komposisinya,
barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menggunakan
aturan pangkat, akar, dan logaritma.
|
Menggunakan rumus
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan
masalah persamaan atau fungsi
kuadrat
dengan menggunakan diskriminan.
|
||
Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan
dengan
sistem persamaan linear.
|
||
Menentukan
persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
teorema
sisa atau teorema faktor.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
komposisi
dua fungsi atau fungsi invers.
|
||
Menyelesaikan
masalah program linear.
|
||
Menyelesaikan
operasi matriks.
|
||
Menyelesaikan
operasi aljabar beberapa vektor
dengan
syarat tertentu.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan besar sudut atau nilai perbandingan
trigonometri sudut antara dua vektor.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
panjang
proyeksi atau vektor proyeksi.
|
||
Menentukan
bayangan titik atau kurva karena dua
transformasi
atau lebih.
|
||
Menentukan
penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
fungsi
eksponen atau fungsi logaritma.
|
||
Menyelesaikan
masalah deret aritmetika.
|
||
Menyelesaikan
masalah deret geometri.
|
||
3.
|
Menentukan
kedudukan, jarak dan
besar sudut
yang melibatkan titik,
garis,
dan bidang dalam ruang.
|
Menghitung
jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang dimensi
tiga.
|
4.
|
Menggunakan
perbandingan, fungsi,
persamaan,
identitas dan rumus
trigonometri
dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan
masalah geometri dengan
menggunakan
aturan sinus atau kosinus.
|
Menyelesaikan
persamaan trigonometri.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dg nilai perbandingan trigonometri yg menggunakan
rumus,jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta,jumlah dan selisih
dua sudut.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
5.
|
Memahami
konsep limit, turunan dan
integral dari
fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menghitung
nilai limit fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri.
|
Menyelesaikan
soal aplikasi turunan fungsi.
|
||
Menentukan
integral tak tentu dan integral tentu
fungsi
aljabar dan fungsi trigonometri.
|
||
Menghitung
luas daerah dan volume benda putar
dengan
menggunakan integral.
|
||
6.
|
Mengolah,
menyajikan dan
menafsirkan
data, serta mampu
memahami
kaidah pencacahan,
permutasi,
kombinasi, peluang
kejadian dan
mampu menerapkannya
dalam
pemecahan masalah.
|
Menghitung
ukuran pemusatan atau ukuran letak
dari
data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.
|
Menyelesaikan
masalah sehari-hari dengan
menggunakan
kaidah pencacahan, permutasi atau
kombinasi.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
peluang
suatu kejadian.
|
KISI-KISI UN FISIKA 2015
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami
prinsip-prinsip
mengukuran
besaran fisika secara
langsung dan
tidak langsung dengan
cermat,
teliti dan objektif.
|
Membaca hasil
pengukuran suatu alat ukur &
menentukan
hasil pengukuran dg memperhatikan aturan angka penting.
|
Menentukan
resultan vektor dg berbagai cara.
|
||
2.
|
Memahami
gejala alam dan
keteraturannya
dalam cakupan
mekanika
benda titik, benda tegar,
usaha,
kekekalan energi, elastisitas,
impuls,
momentum dan masalah
Fluida.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak
parabola
|
Menentukan
berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis dinamika rotasi
(torsi,
momentum sudut, momen inersia, atau titik
berat) dan
penerapannya berdasarkan hukum II
Newton
dalam masalah benda tegar.
|
||
Menentukan
hubungan usaha dengan perubahan
energi dalam kehidupan
sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
|
||
Menjelaskan
pengaruh gaya pada sifat elastisitas
bahan atau
menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang terkait
dengan
hukum kekekalan energi mekanik.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang terkait
dengan
tumbukan, impuls atau hukum kekekalan
momentum.
|
||
Menjelaskan
hukum-hukum yang berhubungan
dengan fluida
statik atau fluida dinamik dan
penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami
konsep kalor dan prinsip
konservasi
kalor, serta sifat gas ideal,
dan
perubahannya yang menyangkut
hukum
termodinamika dalam
penerapannya
pada mesin kalor.
|
Menentukan
pengaruh kalor terhadap suatu zat,
perpindahan
kalor/asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan
persamaan umum gas ideal pada
berbagai
proses termodinamika & penerapannya.
|
||
Menentukan
besaran fisis yang berkaitan dengan
proses
termodinamika pada mesin kalor.
|
||
4.
|
Menganalisis
konsep dan prinsip
gelombang,
optik dan bunyi dalam
berbagai
penyelesaian masalah dan
produk
teknologi.
|
Menentukan
ciri-ciri dan besaran fisis pada
gelombang.
|
Menjelaskan
berbagai jenis gelombang
elektromagnet
serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis yang berkaitan
dengan
peristiwa efek Doppler.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis yang terkait
dengan
pengamatan pada mikroskop/teropong.
|
|
Menentukan
intensitas atau taraf intensitas bunyi
pada
berbagai kondisi yang berbeda.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis pada peristiwa
interferensi
dan difraksi.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
5.
|
Memahami
konsep dan prinsip
kelistrikan
dan kemagnetan dan
penerapannya
dalam berbagai
penyelesaian
masalah.
|
Menentukan
besaran-besaran fisis yang
mempengaruhi
medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan
besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta
penerapannya pada kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian
kapasitor.
|
||
Menentukan
besaran-besaran listrik pada suatu
rangkaian
berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
||
Menentukan
induksi magnetik di sekitar kawat
berarus
listrik.
|
||
Menentukan
arah dan besar gaya magnetik (gaya
Lorentz) pada
kawat berarus listrik atau muatan
listrik
yang bergerak dalam medan magnet homogen.
|
||
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis pada rangkaian
arus
bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
|
||
6.
|
Memahami
konsep dan prinsip
kuantum, relativitas,
fisika inti dan
radioaktivitas
dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan
berbagai teori atom.
|
Menjelaskan
besaran-besaran fisis terkait dengan
peristiwa
efek foto listrik/efek Compton.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis terkait dengan
teori
relativitas.
|
||
Menentukan
besaran-besaran fisis pada reaksi inti
atom.
|
||
Menjelaskan
macam zat radioaktif atau
pemanfaatannya
|
KISI-KISI UN KIMIA 2015
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan
struktur atom, sistim
periodik
unsur dan ikatan kimia untuk
mendeskripsikan
struktur molekul,
sifat-sifat
unsur dan senyawa.
|
Menentukan
notasi unsur dan kaitannya dengan
struktur
atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan
kimia, rumus
molekul, bentuk molekul dan sifat
senyawa yang
dapat dihasilkannya, serta letak unsur
dalam
tabel periodik.
|
Mendeskripsikan
jenis ikatan kimia atau gaya
antarmolekul
dan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menerapkan
hukum-hukum dasar
kimia untuk
memecahkan masalah
dalam
perhitungan kimia.
|
Menyelesaikan
perhitungan kimia yang berkaitan
dengan
hukum dasar kimia.
|
Menjelaskan
persamaan suatu reaksi kimia .
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
sifat-sifat larutan,
metode
pengukuran dan terapannya.
|
Mendeskripsikan
daya hantar listrik.
|
Mendeskripsikan
konsep pH larutan.
|
||
Menjelaskan
titrasi asam basa.
|
||
Mendeskripsikan
sifat larutan penyangga.
|
||
Mendeskripsikan
hidrolisis garam dan Ksp.
|
||
Mendeskripsikan
sifat-sifat koligatif larutan.
|
||
Mendeskripsikan
sistem dan sifat koloid serta
penerapannya.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan
senyawa organik
dan
makro melekul
|
Mendeskripsikan
struktur senyawa Benzene dan
turunannya,
serta kegunaannya.
|
Mendeskripsikan
senyawa karbon termasuk
identifikasi,
reaksi dan kegunaannya.
|
||
Mendeskripsikan
makromolekul (Karbohidrat,
Protein,
Polimer) dan kegunaannya
|
||
5.
|
Mendeskripsikan
perubahan energi,
cara
pengukuran dan penerapannya.
|
Menseskripsikan
reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm.
|
Menentukan
kalor reaksi.
|
||
6.
|
Mendeskripsikan
kinetika reaksi,
kesetimbangan
kimia, dan faktorfaktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam
kehidupan
sehari-hari
dan industri.
|
Menentukan
laju reaksi.
|
Mendeskripsikan
faktor-faktor yang dapat
memengaruhi
kinetika suatu reaksi dan
kesetimbangannya
|
||
Menentukan
Kc/Kp.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan
reaksi oksidasireduksi dan elektrokimia serta
penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan
reaksi reduksi dan reaksi oksidasi.
|
Mendeskripsikan
diagram sel.
|
||
Mengaplikasikan
hukum faraday.
|
||
Mendeskripsikan
fenomena korosi dan
pencegahannya
|
||
8.
|
Mendeskripsikan
unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dankegunaannya.
|
Mendeskripsikan
unsur-unsur penting yang ada di
alam
termasuk unsur radioaktif.
|
Mendeskripsikan
cara memperoleh unsur-unsur
penting
dan kegunaannya.
|
KISI-KISI UN BIOLOGI 2015
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami
hakikat biologi sebagai
ilmu dan
mendeskripsikan objek
permasalahan
biologi melalui metode
ilmiah.
|
Menjelaskan
objek dan permasalahan Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup
dan
klasifikasinya, peranan
keanekaragaman
hayati bagi
kehidupan
dan upaya pelestariannya.
|
Menjelaskan
peran Virus, Archaebacteria dan
Eubacteria
bagi kehidupan manusia.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa,
alga).
|
||
Menentukan
dasar pengelompokan mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan
upaya pelestarian sumber daya alam
tertentu.
|
||
Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok tumbuhan.
|
||
Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan hewan
invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi
ciri-ciri kelompok hewan
vertebrata.
|
||
3.
|
Menganalisis
hubungan antara
komponen
ekosistem, perubahan
materi dan
energi serta peran manusia
dalam
keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis
hubungan antarkomponen dan aliran
energi
dalam suatu ekosistem.
|
Menjelaskan
proses yang terjadi pada daur
biogeokimia.
|
||
Menjelaskan
keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan
masalah perubahan/pencemaran lingkungan.
|
||
4.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi sel
serta
mengaitkannya dengan struktur
dan
fungsi jaringan.
|
Menjelaskan
struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
|
Menjelaskan
fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
|
||
Menjelaskan
sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada
tumbuhan
dan hewan.
|
||
5.
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi
sistem organ
manusia serta
kelainan/penyakit
yang mungkin
terjadi
pada organ tersebut.
|
Menjelaskan
mekanisme gerak otot / sendi / penyakit pada sistem gerak pada manusia.
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pencernaan makanan pada
manusia dan
gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia dan
gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi pada manusia dan
gangguannya.
|
||
Menjelaskan
sistem regulasi (saraf, endokrin dan
pengindraan)
pada manusia.
|
||
Menjelaskan
sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
|
||
Menjelaskan
mekanisme pertahanan tubuh
|
||
6.
|
Menjelaskan
faktor-faktor yang
mempengaruhi
proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada
tumbuhan
melalui hasil percobaan
atau
pengamatan.
|
Menginterpretasi
hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
7.
|
Mendeskripsikan
proses metabolisme
karbohidrat
dan kemosintesis.
|
Menjelaskan
ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja
enzim.
|
Menjelaskan
proses katabolisme karbohidrat.
|
||
Menjelaskan
zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada
proses
respirasi aerob.
|
||
Menjelaskan
tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan
proses kemosintesis/respirasi anaerob.
|
||
8.
|
Memahami
konsep dasar hereditas,
reproduksi
sel, penerapan prinsip-prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menjelaskan
susunan nukleotida DNA, RNA, atau
kromosom.
|
Menjelaskan
proses sintesis protein.
|
||
Mengidentifikasi
tahap-tahap pembelahan
mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan
persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menginterpretasi
persilangan pada penyimpangan
semu
hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi
pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
Menjelaskan
peristiwa mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan
teori evolusi dan
implikasi
pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan
teori asal-usul kehidupan dan
pembuktiannya.
|
Menjelaskan
prinsip-prinsip penting pada evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip
dan
aplikasi
bioteknologi
|
Menjelaskan
prinsip dasar bioteknologi.
|
Menjelaskan
contoh aplikasi bioteknologi
konvensional/
modern.
|
||
Menjelaskan
dampak aplikasi bioteknologi bagi
masyarakat
dan lingkungan.
|
ini blog msih jadul
BalasHapus